WHAT'S NEW?
Loading...

Peta untuk mengatur uang saku!


Artikel kali ini sebetulnya ditujukan untuk mahasiswa yang indekos atau yang diberikan uang jajan bulanan oleh orang tua atau mahasiswa yang bekerja. Untuk temanteman mahasiswa pasti sudah biasa kehabisan uang sebelum waktu kiriman datang bukan? Nah kali ini saya akan mencurahkan pengalaman saya terkait mengatur keuangan saat indekos.

Mie instan sebetulnya adalah hal yang biasa untuk mahasiswa indekos dengan uang saku atau uang jajan yang sudah hampir habis. Namun mie instan akan menjadi bencana jika kita memiliki fisik yang kurang kuat. Dengan begitu sebagai mahasiswa selain sibuk dengan berbagai kuliah dan kegiatan lain perlu disempatkan untuk berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh misalnya cukup berlari santai di pagi atau sore hari.

Selain dari itu saat uang saku datang hal pertama yang perlu dilakukan adalah Buat pemetaan pengeluaran. Pisahkan uang tersebut berdasarkan kebutuhan, misalnya transport, makan, biaya tak terduga, dan keperluan lainnya. Ini akan sangat membantu untuk memperjelas perginya uang saku.

Kemudian hal yang boleh dilakukan yaitu berdasarkan hukum ekonomi, sisihkan 30% penghasilan dalam hal ini uang saku untuk ditabung. Hal tersebut akan membantu jika suatu saat ada biaya tak terduga yang benar-benar darurat, dengan begitu uang tersebut bisa gunakan dengan efisien.

Inti dari seluruh usaha temanteman adalah disiplin akan daftar pemetaan tersebut. Jangan sampai keluar dari jalur kalau bukan keperluan yang sangat mendesak. Buat prioritas akan pengeluaran tersebut. Misalnya, minggu ini tugas sedang banyak dan harus mengeluarkan biaya untuk print, jadi hangout sama temannya ditunda dulu, lebih baik uangnya diakumulasikan untuk biaya print tersebut.

Saran terakhir ini merupakan tambahan untuk uang saku yaitu mencoba berbisnis kecil-kecilan, semisal buka online shop. Mahasiswa memiliki kecenderungan waktu yang fleksibel ketimbang orang yang sudah bekerja. Caranya dengan melihat peluang bisnis yang memerlukan modal awal yang minim, atau bahkan  tanpa modal sama sekali.

Bocoran lainnya adalah saat pulang ke rumah dalam hal ini mahasiswa indekos yang jarak rumahnya tidak terlalu jauh seperti saya, bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah. Ini cara yang cukup efektif sebab dapat menghemat uang saku dua sampai tiga hari. Ya, saya rasa sudah cukup peta penghematan tersebut, semoga temanteman tetap disiplin dengan peta yang sudah dibuat.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

0 komentar:

Posting Komentar