WHAT'S NEW?
Loading...

Naik gunung Prahu dengan biaya murah, ini caranya!





Gunung Prahu terelak di Kabupaten Batang Kendal, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Prahu atau biasa kita sebut prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl (8.415 kaki). Gunung yang tidak terlalu tinggi ini banyak digemari pendaki sebab jarak tempuh gunung yang tidak terlalu lama dan pemandangan yang cukup membuat kagum mata. Wonosobo memang cukup jauh dari Jakarta tapi tenang jangan beranggapan akan mengeluarkan biaya yang mahal. Silakan disimak ya!

Kali ini saya akan membahas penghematan apa saja yang dapat kita lakukan untuk mendaki gunung Prau. Sepengalaman trip saya,  pada dasarnya pendakian di daerah Jawa tengah masih cukup murah, dari segi tiket masuk, makanan, minuman, dan jajanan. Ditambah lagi penduduk sekitar yang sangat ramah dan tidak segan untuk berbagi kepada pendaki, jadi kita tidak perlu cemas dengan gaya individualitas ala kota Jakarta.

Kemudian untuk mendapatkan makna dari pendakian janganlah pergi sendiri, selain menghindari sesuatu yang tidak diinginkan semisal tersesat atau sebagainya pun dapat menghemat biaya serta menambah kebersamaan. Penghematan yang saya maksudkan meliputi logistik pangan, jika sendiri maka segalanya akan ditanggung sendiri, dan jika sepuluh orang maka biaya akan ditanggung sepuluh orang.

Ide patungan seperti itu sudah saya buktikan dan ternyata sangat efisien untuk hal pendakian. Semisal ketika saya akan berangkat sepuluh orang maka dengan Rp50.000 per orang untuk pangan dikalikan sepuluh menjadi Rp500.000. Dengan begitu saya dan rombongan dapat membeli beberapa menu makanan misalnya beras, sayur asem, sayur sup, tempe, ikan asin, mie instan, telur, saus, kopi, dan susu yang cukup bahkan lebih untuk mencukupi perut kami bersepuluh.

Dalam hal transportasi usahakan naik bus yang sedekat mungkin dari rumah kita, agar menghemat biaya angkot menuju terminal. Ada dua pilihan bus murah menuju Wonosobo berkisar Rp80.000 sampai Rp90.000 dan biasanya digunakan para pendaki. Bus ini kemungkinann besar tidak dapat dinegosisasi sebab sekarang sudah menggunakan tiket resmi dari PO masing masing.

Kemudian penghematan selanjutnya adalah saat naik angkot dari Wonosobo menuju Dieng, karena kita akan mendaki melalui jalur Dieng. Penghematan kali ini adalah ide tawar menawar kepada supir angkutan. Biasanya kita akan mengeluarkan uang sebesar Rp20.000 perorang, dengan negosiasi bahwa rombongan sepuluh orang kemungkinan akan mendapat potongan satu orang menjadi Rp 180.000, cukup menguntungkan kita bisa hemat untuk keperluan lainnya.

Pembiayaan terakhir adalah tiket masuk gunung Prau melalui jalur Dieng seharga sepuluh ribu rupiah. Estimasi biaya menuju Gunung Prau kurang lebih Rp280.000 sudah meliputi bus berangkat pulang Rp180.000, angkutan Wonosobo menuju Dieng berangkat pulang Rp40.000, logistik pangan 50.000, dan retribusi tiket pendakian jalur Dieng Rp10.000,  belum termasuk jajan.

Adapun jajanan khas daerah Dieng yaitu mie Ongklok dengan harga sepuluh ribu rupiah dan Carica yaitu semacam manisan yang terbuat dari pepaya yang ditanam di dataran tinggi Dieng dengan harga dua puluh lima ribu sampai tiga puluh lima ribu sesuai dengan isi. Ya, itulah info dan pengalaman penghematan yang dapat dilakukan untuk mendaki gunung Prau semoga dengan keuangan yang minim kita tetap dapat menikmati gunung-gunung di Indonesia.  

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Inilah cara menghemat untuk melakukan pendakian gunung !!!

    Klik Link disini-> Share Cost atau Open Trip ?

    #tapaktilasadventure
    #tapaktilasadventurecianjur

    BalasHapus