WHAT'S NEW?
Loading...

Pembangunan Indonesia: Sebuah Kontribusi Pelaku Usaha


Sejak tahun 2007 Bank Mandiri menginisiasi program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) sebagai wujud kontribusi untuk Indonesia melalui dukungan pendidikan di sektor kewirausahaan. Ternyata setelah mendapat kabar dari beberapa kawan pelaku usaha, acara berkumpulnya para pelaku usaha ini masih berlanjut di Tahun 2018.

Sedikit informasi untuk kamu Wirausaha Muda Mandiri merupakan kompetisi, apresiasi, edukasi dan pembinaan kepada generasi muda Indonesia yang berani berwirausaha. Program WMM ini diselenggarakan langsung oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Menurut saya ini adalah terobosan yang kreatif karena mengajak generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri, yaitu generasi pencipta lapangan kerja yang berani dan tangguh serta mampu bersaing di era global. Bahkan menurut kabarnya program WMM juga mampu berkontribusi dalam penciptaan ekosistem yang baik untuk tumbuh kembang wirausahawan di Indonesia.

Di tahun ini WMM diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang. Sedangkan acara WMM Expo dilaksanakan di Mall Olympic Garden, Malang. Kabarnya banyak sekali generasi muda yang berpartisipasi, ini sekaligus menandakan animo yang cukup baik untuk para pewirausaha.

Jika dikalkulasikan sudah 36.000 wirausahawan muda dari 656 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang ikut dalam pagelaran ini. Saya sih berharap semoga acara ini berlangsung panjang karena pastinya masih banyak pewirausaha yang belum ikut berpartisipasi.

Seperti tema yang diusung di tahun ini “Berani Muda, Berani Berkarya” WMM seperti hadir untuk generasi muda yang memang ingin mengembangkan usahanya. Karena sudah seharusnya generasi muda harus menciptakan kebaruan dan keluar dari kenyamanannya agar Indoneisa turut berpartisipasi dalam kompetisi global.

Banyak sekali daftar usaha yang ikut dalam WMM misalnya usaha manufaktur, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, pertambangan, pengembangan properti, perhutanan, industri kain (tekstil), garmen (industri dalam skala massal), percetakan buku, stasiun radio, stasiun TV, media masa (koran dan majalah), produksi obat (dari bahan herbal maupun hewani), industri farmasi, produksi alat berat, produksi alat transportasi, sampai usaha produksi peralatan elektronik dan industri.

Selain kompetisi bisnis, Program WMM 2018 didesain untuk memberikan edukasi dan kesempatan akselerasi bisnis bagi pengusaha muda terbaik dari seluruh Indonesia. Melalui berbagai program pembinaan dan inkubator bisnis, Bank Mandiri membekali para pengusaha muda dengan pengetahuan terkini dalam dunia bisnis dan manajemen yang sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis.

Nah, ini yang terpenting, pemenang program WMM 2018 khususnya pada kategori Teknologi Digital Financial Technology berkesempatan untuk mendapatkan suntikan modal dari PT Mandiri Capital Indonesia (subsidiary company Bank Mandiri).

Peserta yang mendaftarkan diri pada Program WMM 2018 juga berhak untuk bergabung dalam Wirausaha Muda Mandiri Forum (WMM Forum), yaitu organisasi yang dibentuk oleh alumni program WMM mulai dari 2007 hingga saat ini.

Jika dilihat dari segi pembangunan program WMM sepertinya akan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja. Kalau saja ini terjadi pasti akan menjadi suatu kebanggaan karena dapat melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air tentunya.

Pasalnya, 28 pelaku usaha muda menjadi pemenang dari tujuh kategori yang diperlombakan oleh Bank Mandiri. Setelah sebelumnya berkometisi dengan 70 pebisnis handal dan mampu menjadi yang terbaik saat penjurian nasional WMM.

Oleh karena itu saya mendapat sebuah simpulan bahwa wirausaha di Indonesia sedang berkembang pesat. Program WMM ini bisa menjadi wadah atau bahkan pengasah dari pisau-pisau kreatif pewirausaha baik yang sudah eksis sampai generasi muda yang baru memulainya.

0 komentar:

Posting Komentar