WHAT'S NEW?
Loading...

Backpacker ke Maluku, ini murahnya!




Maluku adalah tujuan liburan yang sangat menarik, pulau di bagian timur Indonesia ini punya beragam destinasi menarik, dari pantai cantik hingga keanekaragaman budaya. Traveling ke wilayah di timur Indonesia memang memakan biaya yang tidak sedikit. Ongkos transportasi, jelas lebih besar. Namun jangan khawatir mitos tersebut sudah terbantahkan.

Berikut adalah sepengetahuan saya tentang segala aspek untuk berlibur di Ambon, Maluku. Hal yang perlu diingat adalah jangan pergi sendiri sebab biaya dan risiko akan ditanggung sendiri dan berliburlah ala backpacker yang menurut saya lebih hemat dan lebih berkesan. kita awali dengan transportasi menuju Ambon.

Transportasi menuju Ambon tersedia beberapa maskapai dari Bandara Soekarno Hatta yang terbang ke Bandara Pattimura di Ambon, ibukota Provinsi Maluku, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, dan Sriwijaya Air. Untuk tiket murah, Sriwijaya Air punya tiket promo yang cukup efisien. Harga terendah dari penerbangan Jakarta Ambon adalah sekitar Rp 700.000.  Untuk lebih pastinya carilah informasi di web maskapai tertentu.

Penerbangan akan memakan waktu sekitar 5 jam. Setelah itu temanteman pasti butuh istirahat. Berbicara penginapan di Ambon juga ada penginapan murah, Imperrial Inn namanya yang beralamat di Gang Kedondong, Jl WR Soepratman, Ambon. Penginapan tersebut cukup terkenal sebab harga kamar yang cukup murah mulai dari Rp 140.000 sampai Rp 500.000.

Kemudian transportasi di Maluku. Untuk memudahkan perjalanan, temanteman bisa menyewa kendaraan mobil saat berada di Kota Ambon. Tempat penyewaan mobil yang saya rasa cukup murah beralamat di Jl Dokter Malailoho dan Tanah Tinggi di Kota Ambon. Misalnya, mobil Avanza seharga Rp 500.000, Innova seharga Rp 550.000 dan Fortuner seharga Rp2.000.000 per hari sudah termasuk supir dan bensin.

Temanteman bisa melakukan city tour di Kota Ambon dengan berkunjung ke Gong Perdamaian Dunia yang ada di di Taman Pelita, pusat Kota. Gong ini diameternya mencapai dua meter dan penuh dengan gambar-gambar bendera yang ada di dunia. Gong ini adalah simbol perdamaian dunia. Untuk melihat gongnya lebih dekat, cukup merogoh kocek Rp 5 ribu saja.

Selanjutnya temanteman bisa menuju Museum Siwa Lima yang ada di Taman Makmur. Di museum ini, Anda bisa melihat benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan-kerajaan yang ada di Maluku. Salah satu keunikan museum ini yaitu menghadap Teluk Ambon yang berpemandangan sangat cantik.

Saatnya menjelajahi pantai-pantai cantik di Ambon. Temanteman tinggal memilih pantai mana yang ingin dikunjungi. Pantai Liang untuk bermain hamparan pasir putih dan menanti cahaya senja yang memesona. Kemudian ada Pantai Pintu Kota di Desa Louw yang berjarak sekitar 33 km dari pusat Kota Ambon. Dengan pemandangan batu karang besar yang ada lubang besar. Menurut masayarakat sekitar, pemandangan Kota Ambon bisa terlihat dari lubang tersebut.

Selain itu, ada juga Pantai Santai di Desa Latuhalat yang berjarak 17 km dari Kota Ambon. Sesuai namanya, pantai ini bakal benar-benar membuat Anda bersantai. Pantai ini punya bentangan pasir putih dan memiliki kontur landai. Pantai ini menjadi favorit Berjemur wisatawan. Terakhir ada pantai Natsepa yang tak kalah cantik.

Hampir saja terlupakan, ada lagi yang khas di Ambon yaitu makanan yang bernama papeda terbuat dari tepung sagu. Untuk memakan papeda dapat dicampur dengan ikan kuah kuning atau ikan kuah asam tinggal pilih sesuai selera. Kemudian di sepanjang pantai Natsepa ada banyak kios rujak dengan harga Rp10.000 per porsi temanteman akan duduk di kursi kayu sambil menikmati rujak dan angin laut. Kemudian ada juga Ikan kakak tua bakar, tumis bunga pepaya dan jus gandaria.

Terakhir, ada lokasi buah tangan di jalan Petak 10 dan di jalan WR Supratman, dekat Swiss Belhotel. Di kedua tempat ini temanteman dapat memilih aneka cendera mata untuk dibawa pulang, dari kain tenun, minyak kayu putih, kue-kue khas Ambon (kue kenari, kue tumbu, bagea), mutiara hingga aksesoris besi putih.

Untuk pulang temanteman cukup menggunakan maskapai yang sama. Dengan estimasi harga tiket berkisar Rp 950.000 sampai Rp1.000.000. Untuk penerbangan dari Ambon kemudian transit di Makassar setelah itu, temanteman tiba di Bandara Soekarno Hatta.

Nah, silakan rincikan sendiri daftar biaya yang sudah saya cantumkan. Temanteman mungkin akan lebih hemat jika sudah mempertimbangkan akan mengunjungi tempat mana yang sangat ingin dilihat. Pun jangan  sampai terlupa jangan banyak membawa barang cukup yang diperlukan saja sebab akan menambah biaya kargo.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

1 komentar: Leave Your Comments

  1. kak, mau tanya sekitar Ambon ada informasi sewa motor harian gak ya? mohon info yah

    BalasHapus