WHAT'S NEW?
Loading...

Pagelaran Seni Rupa Istana Negara Bersama Mandiri Art


Rangkaian acara HUT RI ke-71 tepatnya mulai dari tanggal 1-30 Agustus 2016 Galeri Nasional bersama Mandiri Art mempertunjukan pagelaran  koleksi seni rupa dari lukisan-lukisan di Istana Negara. Ini merupakan kali pertama 28 lukisan keluar dari singgasana kepresidenan. Sejarah yang patut dicatat, sebab masyarakat bebas menikmati koleksi lukisan Istana Kepresidenan Indonesia.   

Pagelaran yang didukung Mandiri Art ini bertajuk “17/71: Goresan Juang Kemerdekaan”. Kabarnya masyarakat akan disuguhkan pula koleksi benda-benda seni yang ada di Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Setidaknya ada 15.000 item koleksi benda-benda seni yang ada di Istana Kepresidenan, termasuk lukisan. Lukisan yang dipamerkan berasal dari beberapa koleksi Istana Kepresidenan yaitu; Istana Negara dan Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas dan Istana Yogyakarta.

Karya maestro senirupa Indonesia seperti Affandi sebagai pelopor aliran ekspresionisme di Indonesia, Basoeki Abdullah (maestro realisme di Indonesia), Sudjojono dan Raden Saleh akan memeriahkan koleksi yang dipamerkan. Selain itu, karya pelukis besar lain dari beragam aliran senirupa seperti Diego Rivera, Lee Man Fong, Gambiranom Suhardi, Hendra Gunawan, Henk Ngantung, Ida Bagus Made Nadera dan juga karya Ir. Soekarno sendiri pun hadir melengkapi pameran tersebut.

Bukan sekadar pertunjukan, lukisan yang dipamerkan memiliki nilai historis penting pada setiap aspek yang kini coba diaktulisasikan dan dihidupkan kembali melalui pameran ini. Nilai ini sangat mencerminkan keragaman kekayaan budaya Indonesia. Dan sebagai bentuk dari apresiasi dalam ranah kebudayaan bagi para pecinta sejarah maupun seni budaya.


Pameran ini, mengingatkan kembali bahwa prestasi tidak hanya bicara soal akademik, namun juga non-akademik, seperti seni rupa. Pameran yang bernilai historis dan edukasi ini semoga dapat menginspirasi masyarakat. Serta memberikan pengalaman rohani yang menyegarkan tentang sejarah kebudayaan Indonesia.


Sumber:
http://ksp.go.id/istana-tampilkan-lukisan-bersejarah-dalam-pameran-lukisan-koleksi-istana-kepresidenan/

0 komentar:

Posting Komentar