WHAT'S NEW?
Loading...

Menyoal Gas Bumi di Indonesia; Potensi serta kebermilikan


Sebelum sampai pada pertanyaan atau bahkan pernyataan di atas ada baiknya kita perlu mengetahui apa itu Gas Bumi. Gas bumi sering juga disebut sebagai gas alam atau gas rawa yaitu; bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH4). Senyawa tersebut dapat ditemukan di ladang minyak, tambang batu bara, dan tentunya di ladang gas bumi sendiri. Gas yang kaya akan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka disebut biogas. Sumber biogas dapat ditemukan di rawa-rawa, tempat pembuangan akhir sampah, serta penampungan kotoran manusia dan hewan.

Jelas sudah apa itu gas bumi, sekarang kita akan lanjut mengupas kebermilikan dan potensi yang ada di Indonesia. Indonesia memiki cadangan gas alam yang besar. Saat ini, Indonesia memiliki cadangan gas terbesar ketiga di wilayah Asia Pasifik setelah Australia dan Republik Rakyat Tiongkok, serta berkontribusi untuk 1,5% dari total cadangan gas dunia menurut BP Statistical Review of World Energy 2015. Indonesia masuk peringkat ke-10 dari survey Negara produsen gas alam tahun 2015, namun Indonesia justru menempati peringkat ke-26 dari Negara konsumsi gas alam di tahun yang sama.

Berarti Indonesia mampu memproduksi sekitar dua kali lipat dari gas alam yang dikonsumsinya. Kendati begitu, hal tersebut tidak berarti bahwa produksi gas domestik memenuhi permintaan gas domestik. Bahkan, ada kekurangan gas untuk industriindustri domestik di Indonesia.

Itu tadi sekilas tentang kebermilikan gas alam Indonesia. Sekarang kita akan menilik potensi yang dimiliki Indonesia. Berdasarkan status tahun 2008 gas alam di Indonesia mencapai 170 TSCF dan produksi per tahun mencapai 2,87 TSCF, dengan komposisi tersebut Indonesia memiliki reserve to production (R/P) mencapai 59 tahun. Nah, terbayang sudah kekayaan gas alam Indonesia bukan.

Maka dari itu, masyarakat harus mengerti serta membantu pihak yang berwenang mengolah kekayaan gas alam  seperti PT. Perusahaan Gas Negara PGN. Agar terjalin kerja sama antara masyarakat yang membutuhkan gas alam dalam berbagai aspek kebutuhan dengan produsen gas alam. Pun supaya produksi serta konsumi gas alam atau gas bumi di indoneisa menjadi optimal.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar