WHAT'S NEW?
Loading...

Perihal Pesantren dan Gas Bumi Murah


Pondok Pesantren Terpadu Darul Muttaqin merasa aman dan nyaman menggunakan ‎Gas Bumi Murah yang dipasok oleh PGN. Mereka menggunakan gas tersebut untuk bahan bakar memasak. Dengan begitu  menggunakan gas yang disalurkan menggunakan pipa untuk bahan bakar memasak lebih aman ketimbang gas yang dikemas menggunakan tabung.

Penggunaan gas bumi sangat minim risiko, tidak ada kekhawatiran kecelakaan akibat meledaknya pipa saat menggunakan gas bumi, tidak seperti gas tabung yang rentan meledak. Kehawatiran pondok pesantren tersebut akan ledakan tabung sudah mereda.

Seandainya terjadi masalah pada kebocoran gas, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menutup kebocoran dengan menggunakan karung untuk sementara sampai petugas dari PGN menyelesaikan masalah kebocoran tersebut. Selama 5 tahun pondok Pesantren yang terletak di Surabaya tersebut menggunakan gas bumi, mengaku belum mendapat masalah sedikt pun .

Sebelum menggunakan gas bumi, pondok Pesantren tersebut menggunakan gas tabung. Setiap bulan, gas tabung yang digunakan mencapai 10 tabung hingga 12 tabung berukuran 12kg. ketika merasa boros dan kurang efektif  maka pesantren tersebut menggunakan gas bumi yang disalurkan melalui pipa. Dengan hasil Pondok Pesantren ‎Terpadu Darul Muttaqin bisa menghemat hingga Rp 300 ribu per bulan.

Pengeluaran pondok pesantren setelah menggunakan gas PGN di kisaran Rp 900 ribu hingga Rp 1,2 juta. Sedangkan pada sebelumnya kadang bisa mencapai Rp 1,5 juta.  ‎Dari perspektif harga memang jelas lebih murah gas alam, sebab bisa menghemat hingga Rp 300 ribu per bulan

Selain hemat, menggunakan gas bumi juga lebih memberi rasa nyaman, karena tidak ada kekhawatiran proses memasak terganggu jika bahan bakar habis. Pasalnya, PGN memberi kepastian pasokan gas untuk pondoknya yang terletak di Surabaya, Jawa Timur tersebut selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam satu pekan.

Dari wacana tersebut sepertinya ada dua hal yang menguntungkan dari penggunaan gas bumi murah tersebut. Pertama dari harga yang cukup murah sehingga anggaran yang dikelurkan tidak berlebihan. Yang kedua tidak perlu mencari bahan bakar, dalam hal ini tidak perlu mencari ganti tabung sebab ketersediaan gas bumi dipasok melalui pipa yang akan terus ada selagi berlangganan.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi


0 komentar:

Posting Komentar