WHAT'S NEW?
Loading...

Sepotong Peristiwa Cantik


Kini di bawah kepemimpinan Hendi Prio Santoso, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 7.100 kilometer (km). Jumlah ini setara 76% pipa gas bumi seluruh Indonesia.

“Kemerdekaan bukanlah hasil bertapa di bawah pohon kamboja” seru Bung Karno di depan khalayak. Seruan tersebut memang memiliki perhatian khusus tentang kemerdekaan, keberhasilan bahkan kemenangan. Bung Karno adalah salah satu orang yang berpengaruh dalam memerdekakan Indonesia. Aku teringat sepotong kisah tentang penyebaran Energi Baik semacam itu.

Sekitar tahun 1970-an  harga gas terpaksa dijual dengan murah, karena pada periode itu harga BBM masih murah sebab disubsidi pemerintah bahkan sebagian dari impor. PGN sebagai Perusahaan Gas Bumi tentu mengalami kerugian yang besar akibat merosotnya konsumen gas bumi. Penggunaan gas bumi untuk rumah tangga, komersial, industri dan pembangkit listrik belum berkembang.

Di tahun tersebut PGN mampu bertahan sekuat tenaga. Namun Pada 1985, untuk membiayai pengembangan pipa gas dan gaji pegawai PGN terpaksa harus menjual sebidang tanah di Jalan Zainul Arifin, Jakarta Pusat. Peristiwa tersebut sangat cantik bukan, perusahaan tersebut masih memrioritaskan gaji dari para pegawainya.

Sepotong kisah itulah yang justru membuat bangkit perusahaan gas tersebut. Para pegawai menangkap dengan jelas energi baik yang langsung dialirkan pimpinannya. Terbukti sudah, PGN mampu menyelesaikan proyek besar pipa gas transmisi South Sumatera West Java (SSWJ) dengan panjang lebih dari 1.000 km. Pengembangan pipa-pipa gas distribusi pun makin terus dilakukan sehingga memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.  


Jika Bung Karno mampu mengoyak khalayak yang sedang nyenyak dengan seruannya. PGN mampu mengoyak dirinya bahkan Indonesia dengan energi baiknya. Bukti lainnya adalah pada paragraf pertama sebagai pembuka tulisan. Hal tersebut mempercantik peristiwaperistiwa yang terjadi dalam lingkup Perusahaan Gas Negara itu. 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

0 komentar:

Posting Komentar